Review lengkap makanan kucing EXCEL Excellent Cat Food rasa ikan tuna


Assalamu’alaikum guys kembali lagi bersama saya, Moel Collins.

Kali ini saya akan mereview sebuah makanan kucing yang diproduksi oleh JAPFA, lebih tepatnya PT. JAPFA COMFEED INDONESIA Tbk, tentu saja ini produk asli Indonesia ya. Makanan kucing kali ini adalah EXCEL (Excellent Cat Food) rasa ikan tuna.

Menurut pengalaman saya  pribasdi sebagai pemilik kucing, produk ini cukup bagus dengan berbagai bentuk biscuit seperti biscuit berbentuk ikan dan berbentuk seperti donat, dan harganya cukup terjangkau yaitu kisaran 10 – 15 ribu saja untuk yang beratnya 500gr, dengan bebagai macam manfaat seperti :

-        -  Menyehatkan kulit dan memperindah bulu
-        - Menyehatkan mata
-        - Meningkatkan daya tahan tubuh
-        - Memperkuat tulang dan gigi
-        - Mengurangi bau

Saya punya satu kucing ras dan satu lagi kucing domestic, saya sudah mencoba untuk memeberi makan pada kucing domestic dan hasilnya cukup mengejutkan, tapi mungkin baru terlihat satu bulan ya. Kucing saya yang domestic jadi terlihat kinclong dan gak kalah kinclong sama yang ras.

Nah aturan untuk pemberian makannya juga jangan sampai salah ya guys, karena tidak semua ukuran kucing bisa memakan dengan porsi yang sama, walau kadang ada juga pemilik kucing yang ingin kucingnya gembul (obesitas tinggi) namun seperti inilah aturan untuk pemberian makanannya :

Berat kucing (Kg)
Jumlah Makanan (gr/hari)
2 Kg
40 – 60 gr/hari
3 Kg
60 – 80 gr/hari
4 Kg
80 – 100 gr/hari
5 Kg
100 – 120 gr/hari

Tapi jika anda baru saja menggunakan produk ini untuk kucing anda, anda bisa bisa menggunakannya dengan porsi yang sedikit dulu, apabila dalam satu – dua hari si mpus doyan banget baru deh kasih sesuai porsinya agar gizinya tercukupi, oiya guys ngomong – ngomong soal kandungan gizi pada makanan kucing ini juga cukup terbilang bagus dengan harga yang segitu. Seperti :

Protein kasar min 30%
Lemak kasar min 14%
Serat kasar min 1.0%
Arachidonic acid min 0.02%
Kalsium min 1.3%
Fosfor min 1.2%
EPA dan DHA min 2.5%
Vitamin A min 20,000 IU/Kg

Nah, buat yang kalian yang bingung untuk menentukan produk mana yang cocok buat kucing kalian, kalian bisa melihat postingan lainnya di blog ini ya, jangan lupa untuk komentarnya.

*Tidak disarankan untuk kitten yang masih sangat kecil 



5 comments

  1. Duhh membantu bgt pengalamannya , jad pengen coba :)

    ReplyDelete
  2. mohon arahannya, saya punya kucing domestik masih kitty usia 6-8 bln, saya kasih dryfood merk excel , babnya seperti margarin,....
    apakah ini normal karena makanannya teksturnya tidak seperti nasi (padat) dari pada dryfood
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari pengalaman q, kalau pertama kali ganti dryfood ini wajar sih.kucing q jg gitu, lembek. Lama kelamaan pupny normal lagi. Tp kalau lembek terus menerus karena di kasih itu dry food, ya berarti patut dicurigai.

      Delete
    2. Kucingnya mbak berapa hari pupnya lembek, kalo 3 hari itu masih wajar atau gimana?

      Delete
  3. kak, kucingnya masih pakai Excel saat ini? ada indikasi / terkena FLUTD / susah pipis ga, kak?

    ReplyDelete